Cara Membuka Task Manager di Linux

    


    Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang yang pertama kali menggunakan Linux yaitu "Bagaimana caranya buka Task Manager di Linux?", "Apakah ada task manager untuk ubuntu?" 

 

    Sebagian orang yang berasal dari windows tahu betul seperti apa bergunanya task manager ini.  Kalian hanya perlu menekan Ctrl+Shift+Esc untuk membuka panel task manager, atau dengan menekan Ctrl+Shift+Del untuk membuka menu yang didalamnya terdapat task manager.

 

    Task manager berfungsi untuk memantau seluruh kegiatan dan proses yang terjadi didalam sebuah komputer. selain itu task manager juga berfungsi untuk memonitor kinerja RAM, proses CPU, Jaringan dan Disk yang digunakan komputer. Bukan cuma memantau, kalian juga dapat menghentikan proses yang berjalan pada komputer tersebut.


    Ketika kalian baru bermigrasi ke Linux, kalian pasti langsung mencari task manager yang sama di Linux. Namun berbeda dengan orang yang telah expert di linux, mereka tinggal memasukan beberapa baris perintah untuk dapat menemukan proses yang berjalan dan menghentikannya.


    Rata-rata semua Distro yang ada di Linux sudah memiliki task managernya masing-masing, namun di Linux mereka dipanggil sesuai nama yang diberi oleh masing-masing Distro dan environment-nya.

 

    Kali ini saya akan menjelaskan cara mencari dan menggunakan task manager di Ubuntu dan Distro Linux lainnya yang menggunakan GNOME sebagai dekstop environmentnya.

 

Cara membuka Task Manager di Linux (System Monitor)

    Untuk membukanya System Monitor kalian cukup mengetikannya di search box dengan cara menekan Supper Key(tombol Start di windows) lalu ketikan System monitor.

 

    Lalu akan muncul sebuah panel yang menampilkan semua aplikasi yang berjalan dan memori yang dikonsumsinya

 


    Lalu kalian dapat memilih proses yang di inginkan dan tekan tombol "End Process" untuk menghentikan proses tersebut



    Kalian juga dapat memonitor penggunakan RAM, CPU dan lainnya melalui tab Resource yang ada di bagian atas



    Nah itulah bagaimana cara membuka task manager di Linux menggunakan System monitor. Terdapat satu cara lagi untuk dapat melihat proses yang berjalan di linux, yaitu dengan menggunakan perintah di terminal. Layaknya kalian mengetikan beberapa baris perintah di cmd. Jika kalian tertarik dengan cara tersebut, kalian dapat mengunjungi halaman berikut ini tentang cara menghentikan proses melalui command line di linux.

 

 

Suka dengan apa yang kalian baca?, Jangan lupa untuk bagikan ke yang lain




Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama