Cara mengatasi iReport tidak bisa dibuka di Windows dan Linux


 

    Banyak sekali diantara kita yang mengalami masalah dengan aplikasi iReport yang tidak dapat terbuka di Windows maupun Linux, seperti yang Saya alami beberapa hari yang lalu. Saya pun sempat kesulitan mengatasi masalah ini sampai pada akhirnya saya menemukan penyebabnya.

     

    Hal ini dikarenakan iReport masih menggunakan java versi 7 (open-jdk-7) sedangkan laptop/komputer yang Saya miliki sudah memakai java versi yang lebih tinggi (open-jdk-11). Namun kenapa iReport tidak berjalan, padahal Saya sudah memiliki versi java yang lebih tinggi? 

 

    Ini karenakan ada beberapa fitur penting yang dibutuhkan oleh iReport namun dihilangkan oleh java versi 8 keatas. Nah, untuk menyelesaikan masalah ini berikut beberapa tutorialnya

 

Downgrade Versi Java ke 7 di Windows

   Agar dapat menjalankan iReport di Windows, kalian perlu menurunkan versi java kalian ke versi 7, untuk file JDK 7nya silahkan di download melalui link dibawah ini lalu pilih sesuai sistem operasi yang kalian gunakan...

 

    

    Sebelum melanjutkan proses installasi, ada hal yang perlu kalian ketahui, ada beberapa aplikasi atau program yang tidak support java versi 7 ini seperti Netbeans 8.2 keatas, Android Studio dll. untuk mengatasi ini Saya lebih menyarankan untuk tidak menurunkan versi java kalian demi menggunakan iReport, solusinya gunakan alternative iReport Plugin yang tersedia untuk Netbeans dan Eclipse.

 

Tutorial Install Open-JDK-7 di Windows

  1. Download file installer JDK Windows berformat .exe, sesuaikan dengan versi windows yang dimiliki (32 atau 64 bit).
  2. Jika sudah selesai silahkan double klik filenya untuk memulai proses penginstallannya, sama seperti penginstallan aplikasi biasanya, kalian akan disuruh untuk memilih lokasi penyimpanan, silahkan klik next sampai proses penginstallan selesai.
  3. klik close, seharusnya file JDK sudah terinstall di komputer, kalian bisa membuka folder installasi defaultnya di C:/Program files/Java
  4. Selanjutnya yaitu konfigurasi path Java, Klik kanan pada Computer > Properties > Advance System Settings
  5. Lalu muncul form baru, silahkan pilih tab Advanced
  6. Di bagian bawah Klik Environment Variables...
  7. Pada frame System Variables, double klik pada bagian Path
  8. Di bagian Variable value geser cursor ke ujung kanan text lalu ubah folder java sebelumnya ke folder java versi 7 yang ada di C:\Program files\java.
  9. Silahkan cek di cmd versi java kalian, apakah sudah berubah menjadi versi 7, jika sudah seharusnya iReport dapat berjalan dengan lancar.


Gunakan Multi JDK di Linux


Multi JDK yang dimaksud adalah menggunakan 2 atau lebih JDK berbeda di dalam satu komputer, JDK yang pertama yaitu JDK Default yang digunakan sebelumnya, yang kedua JDK 7 yang akan digunakan untuk membuka iReport.

 

Tutorial Install Open-JDK-7 di Linux

  1. Download file installer linux, pilih installer yang sesuai 32 atau 64 bit, jangan salah pilih. untuk format ekstensinya terserah antara .rpm atau .tar.gz namun di tutorial berikut saya akan menunjukan cara install dengan format .tar.gz
  2. Setelah terdownload silahkan pergi ke file yang telah di download, Klik kanan di file nya > Properties 
  3. Pilih tab Permissions lalu centang Allow executing file as program.
  4. Setelah di centang silahkan close lalu double klik file nya.

    Seharusnya JDK 7 sudah terinstall di dalam komputer namun belum terkonfigurasi jadi JDK default, untuk dapat mengubahnya sangat mudah, kalian tinggal buka Command Prompt di Windows atau Terminal di Linux lalu ketikan java -version  dan tekan enter, command tersebut digunakan untuk menunjukan versi java yang dipakai oleh komputer kita, untuk mengubahnya silahkan ketikan perintah sudo update-alternatives --config java maka akan muncul tampilan berikut

 

     List tersebut adalah list java yang terinstall di dalam komputer, silahkan ketik angka sesuai list path yang ada di komputer, karena pada screenshoot saya JDK 7 tertera pada list ke 3, maka saya ketikan 2 sesuai urutan Selectionnya, lalu tekan enter.

 

    Seharusnya sampai di sini iReport telah bisa di gunakan seperti seharusnya, untuk mengubah JDK nya ke versi sebelumnya cukup buka terminal dan lakukan kembali perintah diatas, lalu pilih sesuai Selectionnya.

 

    Sekian tutorial dari Saya, Semoga bermanfaat bagi kita semua


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama